About Us | Contact | Disclaimer | Privacy Policy | Sitemap

Tips Cara Mengatasi Kulit Kepala Kering

Model Gaya Rambut - Tips Cara Mengatasi Kulit Kepala Kering. Permasalah kulit kepala kering memang sudah kerap kali dialami oleh banyak kaum hawa bahkan juga kaum pria. Hal inilah yang menjadi sumber utama dari berbagai masalah rambut lainnya.

Keringnya kulit kepala memang sudah pasti menandakan jika kulit kepala kita kekurangan nutrisi dan berada dalam kondisi yang tak sehat. Banyak cara sebenarnya dalam mengatasi kulit kepala kering namun alangkah baiknya sebelum melakukan pengobatan terlebih dahulu mengetahui penyebab dari masalah tersebut.

Cara mengatasi kulit kepala kering memang terbilang berbeda-beda untuk setiap orangnya karena ditinjau dari sebab permasalahannya.

Tak jarang tips mengatasi kulit kepala kering justru memperburuk keadaan dalam artian masalah rambut semakin banyak seperti ketombe, rambut bercabang, rambut rontok dll.

Penyebab Kulit Kepala Kering

Tips Cara Mengatasi Kulit Kepala Kering
Tips Cara Mengatasi Kulit Kepala Kering
Banyak hal memang yang dapat memicu kulit kepala kering, hal inilah yang menjadi awal masalah dimana kulit kepala kering dapat dengan mudah menyebabkan rambut kering, rambut rontok, ketombe, rambut bercabang, dan berbagai masalah rambut lainnya.

Nah untuk itu sebelum melakukan perawatan lebih baik kita mengetahui terlebih dahulu penyebabnya agar tak salah dalam mengatasi permasalahannya.

  • Penggunaan berlebihan produk perawatan rambut adalah salah satu penyebab kulit kepala kering. Shampo, gel rambut, dan hair spray dengan komponen kimia keras menghilangkan kelembaban dan minyak alami dari kulit kepala sehingga membuat kulit kepala menjadi kering.
  • Kulit kepala kering dapat dipicu oleh kondisi lingkungan yang kering. Ada orang yang mengalami masalah hanya pada saat cuaca dingin. Di sisi lain, mereka yang menghabiskan waktunya di ruangan ber-AC selama berjam-jam juga menghadapi masalah kulit kepala kering karena mengalami penurunan tingkat kelembaban udara dalam ruangan.
  • Jika kulit kepala terkena suhu yang tinggi, maka kulit juga akan kekeringan. Ini dapat terjadi jika anda mandi dengan air panas dengan suhu tinggi. Demikian pula, paparan sinar matahari berkepanjangan berefek buruk bagi kulit kepala.
  • Kekurangan gizi merupakan faktor utama sebagai penyebab kulit kepala kering. Nutrisi sehat yang dibutuhkan oleh kelenjar sebaceous agar dapat berfungsi dengan baik. Mereka yang menderita defisiensi zinc, vitamin B atau asam lemak rentan terhadap masalah ini.
  • Kulit kepala kering bisa menjadi gejala dari sejumlah gangguan kesehatan. Eksim seboroik adalah kondisi yang dipicu oleh pertumbuhan jamur pada permukaan kulit kepala. Infeksi kurap pada kulit kepala juga dapat menyebabkan kulit kering dan bercak bersisik pada bagian kulit kepala.

Tips Mengatasi Kulit Kepala Kering

Cara Mengatasi Kulit Kepala Kering

Cara Mengatasi Kulit Kepala Kering

Kulit kepala kering yang dipicu oleh faktor eksternal biasanya tidak memerlukan banyak pengobatan dan perawatan yang serius. Sebaliknya, keramas dengan tepat dan menghindari semua faktor-faktor yang dapat menyebabkan masalah ini sudah cukup untuk mengatasi kulit kepala kering.

Shampo berkualitas baik harus digunakan secara teratur untuk menjaga agar kulit kepala selalu bersih. Hindari terkena paparan panas dalam bentuk apapun pada kulit kepala karena dapat membuat kulit menjadi kering. Selalu gunakan air hangat pada kulit kepala dan bukan air panas.

Makan makanan sehat agar tetap terhidrasi untuk memperbaiki kondisi kulit secara keseluruhan. Namun, jika semua tindakan ini tidak menunjukkan adanya perbaikan pada kondisi kulit, maka anda harus mengunjungi dokter untuk perawatan lebih lanjut.

Mereka akan memastikan penyebab dan mengobatinya dengan obat-obatan yang sesuai. Psoriasis kulit kepala dapat diobati dengan shampo dan obat-obatan topikal. Infeksi jamur dapat diobati dengan krim antijamur dan shampo.

Setelah anda mengetahui sebagian besar penyebab kulit kepala kering, anda dapat mencegah terulangnya masalah ini dengan menghindari penyebab yang disebutkan di atas.

Perlu diingat, sering sekali menggaruk kulit kepala dapat menyebabkan masalah serius. Semakin sering anda menggaruk kulit kepala, maka rasa gatal pada kulit kepala juga tidak akan menghilang tapi justru bertambah.

Selain itu, terlalu sering menggaruk kulit kepala dapat menyebabkan luka pada kulit kepala. Oleh karena itu, cobalah menahan dorongan untuk menggaruk kulit kepala anda sesering mungkin.